Thursday, April 2, 2020

SOAL dan JAWABAN

Materi  MYSQL GUI TOOLS





Soal :

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Webr Server dan phpMyAdmin !
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan aplikasi client-server !
3. Jelaskan perbedaan dari aplikasi berbasis GUI dan Command Line !
4. Jelaskan perbedaan dari database yang bersifat Stand Alone dan Server !


Jawaban :


1. Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain).[

2. Client-Server adalah pembagian kerja antara server dan client yang mengakses server dalam suatu jaringan. Jadi arsitektur client-server adalah desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan.

3. GUI (Graphic User Interface) merupakan antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis guna mempermudah para penggunanya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi. atau GUI dapat disebut juga antarmuka pada sistem operasi kmputer yang menggunkan menu grafis.Menu grafis dapat berupa grafis, gambar, tampilan yang tujuan untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem operasi.Contoh sistem operasi GUI adalah pada windows 7 Ultimate yang menggunakan GUInya sendiri atau ada juga pada Linux dengan distro Mandriva. Sedangkan CLI (Command Line Interface) adalah antarmuaka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi dengan sistem operasi atau komputer tersebut.

Jadi, GUI merupakkan antarmuka yang menggunakan input dari keyboard agar dapat berinteraksi dengan komputer tersebut. CLI lebih ditujukkan kepada sistem operasi yang digunakkan sebagai kmputer server.

4. Database bersifat stand alone yaitu aplikasi database yang hanya berjalan disatu komputer dan hanya mampu diakses oleh satu orang dalam satu waktu, jadi dia tidak bisa di akses secara bersamaan dalam waktu yang sama. Sedangkan, database server yaitu aplikasi database yang berbasis client-server, jadi bisa digunakan oleh banyak user dalam waktu dan dalam tempat yang berbeda. Untuk aplikasi database server yang sering digunakan adalah MySQL, MSQL, SQL Server, PostgreSQL, Oracle, Interbase, etc.


Terimakasih

No comments:

Post a Comment

Contoh Kartu Undangan Pernikahan Digital | Wedding Invitation | How to Make a Wedding Invitation

  #8 Contoh Kartu Undangan Pernikahan Digital | Wedding Invitation | How to Make a Wedding Invitation Untuk File PPT nya bisa cek Link di ba...